Beranda » jogja » 5 Nilai Historis Bunker Kaliadem Jogja

Merapi merupakan salah satu gunung aktif di Jogja yang sering meletus. Karena sering meletus maka dibuatlah banyak tempat berlindung di sekitar merapi. Bunker Kaliadem Jogja merupakan salah satu tempat berlindung tersebut. Meskipun menjadi tempat berlindung nyatanya banyak juga yang menjadi korban di tempat ini. Karena amat bersejarahnya wisata ini banyak orang yang tertarik berkunjung kemari. Nilai historis yang dimiliki oleh kawasan wisata ini membuat banyak wisatawan tertarik berkunjung kemari.

Tanpa adanya nilai historis yang dimiliki kawasan wisata ini maka wisatawan tidak akan datang. Adanya nilai historisnya tidak terlepas dari adanya kedekatannya dengan gunung merapi. Berikut beberapa nilai historis Bunker Kaliadem Jogja :

  1. Saksi Bisu Letusan Hebat Gunung Merapi

Nilai historis pertama Bunker Kaliadem Jogja ini karena menjadi saksi bisu letusan gunung merapi. Sebagai tempat yang terhitung dekat dengan Gunung Merapi maka kawasan ini juga kena efeknya. Efeknya adalah berupa lelehan lava panas yang sering dikeluarkan oleh Gunung Merapi. Kawasan wisata ini memang sebagai tempat berlindung orang-orang. Banyak orang berlindung disini untuk menghindar dari adanya lava panas dari Gunung Merapi. Sudah dua kali letusan kawasan ini berdiri dan selalu menjadi tempat lewatnya lava panas.

  1. Berdiri Di Atas Rumah Mbah Marijan

Setiap Gunung Merapi memiliki juru kunci masing-masing dan turun temurun. Juru kunci Gunung Merapi yang terkenal kala itu adalah Mbah Marijan. Mbah Marijan merupakan juru kunci yang meninggal saat letusan gunung merapi. Beliau sangat mencintai Merapi hingga tidak mau mengungsi. Demi menghormati beliau sebagai juru kunci maka dibuatlah bangunan ini. Bangunan ini sebagai bangunan keamanan yang melindungi warga. Tempat perlindungan ini berada di bawah tanah karena untuk melindungi para warga dari lava panas. Dulu Mbah Marijan tidak tertolong ketika tidak mau mengungsi. Karena hal itulah kemudian pemerintah membuat tempat perlindungan ini.

  1. Kawasan Perkemahan Favorit

Nilai historis lainnya yang menjadikan kawasan wisata ini banyak dikunjungi adalah karena dulunya kawasan perkemahan favorit. Kawasan ini memang sangat tepat digunakan sebagai tempat perkemahan kala letusan merapi belum begitu merambah tempat ini. Banyak para wisatawan yang berkemah menghabiskan waktu mereka disini untuk melihat pemandangan sekitar. Baru setelah kawasan wisata ini diterpa lava panas maka perkemahan mulai tidak didirikan di tempat ini. Akan tetapi melihat Merapi dari sini masih menjadi suatu hal yang menarik. Anda bisa melihat Merapi dari sudut yang sangat bagus dari tempat ini.

  1. Banyak Korban Meninggal Di Tempat Ini

Banyaknya korban meninggal di tempat ini menjadikan tempat ini memiliki nilai historis. Tujuan tempat ini dibuat untuk tempat untuk perlindungan warga. Meninggalnya Mbah Marijan karena tidak mau mengungsi menjadikan pelajaran pemerintah untuk membuat tempat perlindungan warga. Meskipun begitu masih ada juga korban yang meninggal di tempat ini. Hingga saat ini fungsi tempat ini masih sama meskipun dianggap kurang efektif. Bentuknya sekarang sudah tidak sebagus dulunya ketika awal dibangun. Dua kali letusan Merapi sedikit banyak telah membuat kawasan wisata ini rusak.

  1. Wisata Lava Tour

Kehistorisan kawasan wisata ini juga karena adanya Lava Tour. Dulunya kawasan wisata ini digunakan sebagai tempat edukasi untuk menunjukkan tentang letusan Merapi. Letusan Merapi memang maha dahsyatnya sehingga banyak yang tertarik melihat edukasi ini. Banyak wisatawan hadir di tempat ini untuk melihat wisata Lava Tour. Nilai edukasi yang ditawarkan di Lava Tour membuat banyak wisatawan tertarik. Namun karena letusan Merapi maka wisata ini mulai tidak dioperasikan lagi. Kedahsyatan letusan merapi menyisakan abu vulkanik dan pasir yang banyak. Meskipun begitu tempat wisata ini masih menjadi tempat menarik bagi para pendaki. Banyak yang mengabadikan moment mereka disini.

Rute menuju Bunker Kaliadem Jogja hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor. Karena kawasan ini dekat pegunungan maka melakukan rental motor Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menikmati keindahan Merapi dengan menggunakan motor. Eksplorasi keindahan Merapi dengan menggunakan motor akan memberikan sensasi tersendiri. Jika anda melakukan wisata disini maka sebaiknya anda memang menggunakan jasa rental motor Jogja. Harganya yang relatif murah dan efisien dalam penggunaan membuatnya semakin banyak diminati wisatawan. Segeralah lakukan pemesanan motor sebelum anda melakukan liburan ke Jogja untuk mendapatkan harga yang murah.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.